Asisten lll Hadiri HUT BNN ke-21 Via Zoom Meeting

Lubuklinggau, PB -Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Lubuklinggau, Herdawan didampingi Kepala BNN Kota Lubuklinggau Himawan Bagus Riyadi menghadiri perayaan ulang tahun BNN ke-21 tahun 2023, via zoom meeting di Kantor BNN Kota Lubuklinggau, Rabu (22/3/2022).

Dalam sambutannya Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose menyampaikan hari lahir BNN telah ditetapkan setiap 22 Maret melalui keputusan Kepala BNN. Peringatan hari lahir BNN ini dimaksudkan untuk memberi motivasi untuk bersama-sama memeranginarkoba sekaligus sebagai momentum evaluasi kinerja BNN.

Adapun tema hari lahir BNN ke-21 adalah “Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar”, tahun pertama dideklarasikan war on drugs dan tahun kedua adalah speed up never letup jadi sekarang war on drugs speed up never letup dan sekarang bagaimana akselerasi for war on drugs.

Melalui percepatan ini diharapkan dapat mencapai target yang telah ditetapkan dan dirasakan oleh masyarakat luas, BNN sebagi leading institution dalam memerangi narkoba di Indonesia, BNN telah melakukan upaya pencegahan melalui penguatan ketahan keluarga, remaja, teman sebaya, sekolah menengah dan umum, pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan live skill di wilayah rawan narkoba.

Disampingi itu, dalam pemberian pelayanan rehabilitasi BNN telah melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas maupun kuantitas pelayan baik yang dikelolah pemerintah maupun masyarakat.

Dia juga mengatakan, upaya peningkatan aksesibilitas rehabilitasi dilakukan pelatihan terhadap agen pemulihan yang akan menjadi motor penggerak pelaksana intervensi berbasis masyarakat, upaya pemberantasan melalui penegakan hukum yang profesional dan akuntabel dimana BNN telah berhasil menangkap 23 jaringan intenasional, 26 jaringan nasional.

Selain itu, upaya tindakan penyalahan gunaan narkoba diikuti dengan upaya penanganan tindak pidana pencucian uang, barang bukti narkotika yang telah berhasil disita pada Tahun 2022 sampai dengan 19 Maret 2023 antara lain metamfetamin sebanyak 2,429 ton, ganja 1,90 ton, ekstasi 262983 butir, ganja basah 184,1 ton dan lahan ganja seluas 79,4 hektar.

Modus penyelundupan dan peredaran narkotika mengalami perubahan dari waktu ke waktu sejalan dengan perkembangan teknologi, untuk itu perlu upaya pengembangan teknologi informasi yang disesuaikan dengan pengembangan saat ini.

Upaya pemenuhan alat intelijen saat ini berbasis teknologi informasi tidak hanya untuk BNN pusat atau markas BNN tapi juga untuk BNN di Provinsi dalam rangka penanganan perkara yang lebih akuntabel dikembangkan aplikasi E-Mindik BNN yang terintegrasi dalam wilayah satuan.

Bentuk collaboration BNN telah melakukan kerjasama baik tingkat regional maupun intenasional termasuk salah satu wujud pemberantasan dengan dilakukan operasi gabungan dengan instasi terkait.

Pada tanggal 24 Februari 2023 BNN telah berhasil menangkap jaringan narkotika internasional yakni 8 warga negara Iran terkait penyelundupan 319 kilogram sabu yang merupakan kerjasama BNN dengan direktorat bea dan cukai dalam kementrian keuangan.(*kc)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

ARTIKEL TERBARU