Mahasiswa KKN Unila Periode 1 2024 Kembangkan Teh Bunga Rosela

Bandar Lampung, PB- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) Periode I tahun 2024 Desa Paduan Rajawali, Tulang Bawang, kembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal Teh Rosella Rajawali, Selasa, 6 Februari 2024.
Program kerja ini didasari oleh adanya peluang menjanjikan yang dilihat oleh tim KKN dari produk UMKM lokal yang ada di desa tersebut.

Sebelumnya, Teh Rosela Rajawali sudah menjadi salah satu ikon desa Paduan Rajawali, sayangnya teh ini masih diproduksi dalam jumlah terbatas. Hal tersebut didasari oleh beberapa faktor diantaranya, kurangmenarik turut menjadi penghambat berkembangnya UMKM ini.

Melihat permasalahan yang ada, tim KKN Desa Paduan Rajawali berinisiatif untuk mengembangkan produk teh tersebut dengan tujuan menciptakan produk yang berkualitas sehingga dapat berdaya saing tinggi.Program kerja ini dilakukan dirumah kepala pekon Paduan Rajawali. Acara ini turut mengundang aparatur pekon dan segenap warga sekitar. Tim KKN bersama warga saling membantu dalam memanfaatkan komoditi lokal bunga rosella. Acara ini sukses terlaksana dan menghasilkan produk dengan tampilan dan kemasan baru.

Selain upgrading kemasan, tim KKN juga membuka sejumlah platform jual beli. Memanfaatkan beberapa aplikasi yang marak digunakan, hasil produksi perdana Teh Rosela Rajawali langsung ludes diserbu pembeli.

Kepala pekon desa Paduan Rajawali Heryantoni dalam sambutan nya mengungkapkan bahwa kekonsistenan, inovasi, serta kualitas merupakan kunci utama agar Teh Rosela Rajawali dapat bertahan.

“Pertahankan konsistensi dalam produksi dan pelayanan agar konsumen dapat mengandalkan produk Anda secara terus-menerus. Jaga kualitas produk sehingga tetap memenuhi standar yang diharapkan oleh pelanggan,” ujarnya kepada para pegiat UMKM.dengan harga Rp.8000, dari harga sebelumnya yang dibanderol Rp.5000., Bukan tanpa sebab, kenaikan harga jual ini didasari oleh telah dibuatnya kemasan produk, peningkatan mutu, serta kuantiti dari teh tersebut.

Produk ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi warga Paduan Rajawali, dan dapaat menjadi salah satu produk unggulan yang dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat desa setempat (red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

ARTIKEL TERBARU