Musi Rawas

Surodadi Salurkan BLT-DD 137 KK

13
0

 

loading...

Musi RAWAS-PB

Pemerintah Desa Surodadi, Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk masyarakatnya yang terkena dampak Covid-19.

Sebanyak 137 kepala Keluarga menerima BLT berupa uang tunai sebesar Rp600 ribu untuk tahap pertama bulan April 2020, bantuan ini berlanjut sampai dua bulan ke depan yaitu Mei dan Juni 2020.

Penyerahan dilakukan secara simbolis di Kantor Desa Surodadi Selasa (12/5/2020) kepada 20 KK selanjutnya akan dibagikan langsung ke rumah warga. Hal itu dilakukan untuk menghindari kerumunan warga dan menerapkan protokol Kesehatan.

Aman Triyono Kepala Desa Surodadi mengatakan setelah menvalidasi data penerima serta berhasil melakukan pergeseran Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020 dan tanpa kendala, pihaknya langsung menyalurkan BLT-DD terhadap warga terdampak Covid-19.

“Hari ini kita lakukan penyaluran BLT dana desa tahap satu. Secara simbolis sudah kita serahkan kepada 20 KK dan selanjutnya akan kita bagikan door to door langsung kerumah,” kata kepala Desa.

Dikatakan Aman Triyono, penyaluran ini bisa cepat dilakukan karena pihaknya langsung memilah mana warga yang sudah mendapatkan bantuan.

Dia juga menegaskan, warga yang mendapatkan BLT ini adalah warga di luar daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Penyaluran BLT ini bisa cepat dilakukan karena kita sudah mengantongi data warga yang sudah mendapatkan bantuan dari program PKH dan BPNT, Sementara untuk program tenaga kerja tidak ada yang masuk hal itu kita pastikan setelah ada beberapa warga yang mendaftar namun gagal. Dan ini kita pastikan warga yang mendapatkan BLT adalah warga yang terdampak Covid-19 yang menyebabkan mata pencaharian nya hilang dan para lansia,” kata .

Dalam penyaluran BLT- DD ini, Pemerintah Desa Surodadi mengalokasikan anggaran sebesar Rp 246 juta untuk total BLT-DESA selama 3 bulan. Setelah selesai penyaluran ini, pihaknya akan kembali mengajukan pencairan tahap dua.

“Anggaran yang kita siapkan untuk tiga tahap ini sebesar Rp 246 juta. Setelah penyaluran ini akan kita ajukan lagi untuk tahap dua,” pungkas Penti

Sementara itu Muhammad Badrun Camat Tugumulyo menyatakan penyaluran BLT-DD oleh Desa Surodadi juga sejalan dengan intruksi kepada daerah agar sesegera mungkin menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat.

“Hal ini sesuai arahan Bupati Musi Rawas yang menegaskan agar dalam minggu ini semua jenis bantuan sosial segera disalurkan ke masyarakat mengacu surat Kementerian Desa Nomor 12/PRI.00/IV/2020 tanggal 27 April 2020,” sebutnya.

Badrun juga mengatakan, Desa Surodadi menjadi desa ke 4 di kecamatan Tugumulyo yang menyalurkan BLT-DD.

Muhammad Badrun juga menghimbau agar BLT yang disalurkan pemerintah melalui dana desa tersebut benar benar difungsikan sesuai kebutuhan rumah tangga.

Nv/Red

loading...