Lubuklinggau

Sawangan Baru Raih Predikat Kelurahan Sadar Hukum

29
0

Depok,PB – Sawangan Baru berhasil meraih predikat Kelurahan Sadar Hukum (KSH) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Pencapaian tersebut diberikan setelah Sawangan Baru mewakili Kota Depok pada lomba di Provinsi Jawa Barat (Jabar) terhadap tingkat kesadaran hukum masyarakat.

loading...

 

“Kami sangat bersyukur, Kelurahan Sawangan Baru yang mewakili Kota Depok berhasil meraih predikat KSH Tahun 2019,” tutur Wali Kota Depok, Mohammad Idris kepada  Rabu, (08/01/20).

Dikatakannya, penilaian KSH dilakukan pada bulan Oktober 2020 oleh tim penilai dari Kemenkumham dan Pemprov Jabar. Predikat tersebut didapatkan berdasarkan empat kriteria penilaian.

 

“Yang dinilai antara lain, kriteria akses informasi hukum, kriteria implementasi hukum, kriteria asas keadilan, kriteria demokrasi dan regulasi. Hal tersebut menunjukkan masyarakat Kelurahan Sawangan Baru, taat dan sadar hukum,” jelasnya.

 

Di tempat berbeda, Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem) Kelurahan Sawangan Baru, Mashuri mengatakan, pihaknya melakukan beberapa upaya untuk mendapatkan predikat tersebut. Seperti penyuluhan ketahanan keluarga, penyuluhan peraturan daerah yang ada dan memperbaiki sistem keamanan lingkungan ke masyarakat di wilayah.

 

“Kami melakukan penyuluhan agar warga lebih peduli terhadap keamanan lingkungan dan agar taat membayar pajak. Dengan diraihnya predikat tersebut, harus menjadi tanggung jawab bersama utuk menjaga dan meningkatkan KSH itu,”, pungkasnya.(*RW)

loading...