Lubuklinggau

Komisi V Minta Percepatan Pembangunan Infrastruktur Kawasan Pedesaan

18
0
nggota Komisi V DPR RI Rifqinizami Karsayuda memimpin pertemuan tim kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI dengan Bupati Barito Kuala beserta jajarannya di Balai Desa Karang Indah Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (26/11/2020). Foto : Arief/mr

Jakarta, PB – Anggota Komisi V DPR RI Rifqinizami Karsayuda meminta Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi agar mempercepat pembangunan infrastruktur di kawasan pedesaan dan transmigrasi. Alasannya adalah untuk mendukung ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi desa.

loading...

Hal tersebut disampaikannya ketika memimpin pertemuan tim kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI dengan Bupati Barito Kuala beserta jajarannya di Balai Desa Karang Indah Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (26/11/2020). Menurutnya upaya ini harus disegerakan dalam rangka mempertahankan daya beli dan meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat.

“Kami minta kepada Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi agar mempercepat pembangunan infrastruktur di Kawasan pedesaan, embung desa, fasilitasi pengembangan dan kerja sama BUMDes, serta program-program untuk mendukung ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi desa,” jelasnya.

Selain itu, Rifqy juga meminta pemerintah agar memperluas alokasi dan titik sebaran program pembangunan infrastruktur Padat Karya Tunai Desa dan BLT Dana Desa. Perluasan ini diharapkannya dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat perdesaan di tengah pandemi Covid-19.

“Dalam hal ini, infrastruktur yang dibangun di kawasan perdesaan dan transmigrasi juga harus mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja lokal di setiap daerah. Kami akan menginventarisir kebutuhan infrastruktur yang ada di Propinsi Kalimantan Selatan serta menyerap aspirasi terkait pembangunan Infrastruktur di kawasan pedesaan,” tukasnya. (red)

loading...