Musi Rawas

Ketua TP PKK Kab. MURA Berikan Kejutan Dengan Kunjungan Praktek.Uji Coba Oven Ikan Asap/Salay

15
0

 

loading...

Musirawas-PB

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas (27/01/2020), Hari ini Senin, jam 14.15 wib tim inovasi DLH Kabupaten Musi Rawas di kejutkan dengan kedatangan Bundanya Kabupaten Musi Rawas Hj. Noviar Gunawan beserta romhongan, kunjungan tersebut untuk memberikan semangat kepada tim dalam melahirkan beberapa inovasi yang menurut beliau sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Musi Rawas, alasannya sebagian masyarakat yang dialiri irigasi banyak bermata pencaharian sebagai peternak ikan air deras, jadi inovasi ke 8 oven dan ikan asap/salay dari DLH Kabupaten Musi Rawas ini sangat cocok.

Apalagi nilai jualnya naik menjadi 150% (Sekitar Rp. 180.000 an) dari harga yang dijual di pasaran dalam keadaan hidup Rp. 28.000., lebih luar biasa nya lagi ide ini di ambil dari kondisi keprihatinan peternak ikan saat panen banyak kondisi ikan mati tidak layak jual sehingga para peternak merugi, hampir 2 tonan ikan mati tersebut di buang saja tampa di olah, bisa di bayangkan nilai peningkatan harga jualnya, unik nya lagi inovasi ikan asap/salay dalam proses pembuatannya lebih simpel dan tidak membutuhkan waktu lama, ikan asap/salay ini dibuat dengan menggunakan asap cair dari pembakaran suhu 400°c s/d 800°c melalui metode pembakaran tungku Pirolis Double Burner yang merupakan inovasi ke 2 dari DLH Kabupaten Musi Rawas, ujar beliau sambil melakukan praktek langsung pembuatan ikan asap/salay.

DLH Kabupaten Musi Rawas selalu membuat gebrakan-gebrakan yang inovatif, saya bangga melihat capaian kinerja mereka, sepertinya mereka sudah siap untuk berkompetisi dalam IGA 2020, inovasi ikan asap/salay ini sangat cocok untuk dijadikan makanan khas Kabupaten Musi Rawas, yuk kita coba praktek memasaknya, saya mau coba, apa rasanya cocok di lidah masyarakat kita, ternyata rasanya luar biasa enak sekali, ini bisa kita buat restaurant khusus masakan ikan asap/salay khas Musi Rawas seperti Pindang Salay NV H2G Sempurna, tegas beliau bersama rombongan PKK Kab. MURA sambil mencicipi nikmatnya olahan ikan asap/salay yang di buat oleh salah satu anggota DW DLH Kab. MURA ibu Ina Elsaprike dengan bumbu citra rasa khas Kabupaten Musi Rawas.

Sebagai informasi tambahan, inovasi ini merupakan kelanjutan turunan dari produk tungku Pirolis Double Burner, dimana produk utama dari inovasi tersebut Carbon aktif dan asap cair, asap cairnya dapat di aplikasikan untuk pembuatan ikan asap/salay, menurut Kabid Tata Lingkungan sekaligus ketua inovasi Jalin Elsaprike, S.T., M.Ling, menjelaskan “untuk aplikasi bisa ikan air tawar jenis apa saja, kemudian di rendam dalam asap cair selama 2 jam, setelah di rendam maka ikan siap di keringkan dengan oven yang merupakan inovasi ke 8 DLH Kab. Mura, soal rasa sudah sama dengan pengasapan traditional dan dari segi waktu pengeringan relatif lebih cepat hanya 10 s.d 15 menit saja dan sudah dapat di hidangkan, jelas beliau

Marzulian/JE

loading...