Musi Rawas

Dua Calon PPK Gagal Dilantik

28
0

Musirawas, PB –  Dua calon anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) hasil pemeringkatan 15  Februari lalu gagal dilantik. Masing-masing atas nama Antoni dari Kecamatan STU Terawas dan Baironi dari Kecamatan Megang Sakti.

loading...

Antoni yang menduduki peringkat 2 digantikan oleh Insoni, peringkat enam. Antoni secara sadar mengundurkan diri secara tertulis kepada KPU Musirawas mengingat ia ternyata masih terdaftar dalam partai politik tanpa sadar.

Sementara peringkat 5 Baironi berdasarkan aduan masyarakat dan setelah KPU melakukan verifikasi memang benar juga terdaftar sebagai anggota partai politik, sehingga KPU tidak melantiknya.

Demikian pernyataan Ketua KPU Musirawas  Divisi Media, Pendidikan Pemilih, dan SDM, Syarifudin SE. MM., usai pelantikan 70 anggota PPK terpilih dari 14 kacamatan yang ada di Kabupaten Musirawas,  di  Hotel Smart Lubuklinggau, Sabtu (29/2).

“Hasil tanggapan masyarakat yang masuk selama dua minggu, baik dari perseorangan atau lembaga mencapai 15 aduan. Hanya dua tanggapan yang bisa ditindaklanjuti. Ke-70 anggota PPK yang dilantik hari ini merupakan hasil final dan harus siap dengan tugas yang sudah di depan mata,”  tutur dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa pengumuman calon anggota PPK terpilih pada 15 Februari lalu merupakan hasil pemeringkatan  sementara yang  masih bisa berubah berdasarkan hasil uji publik atau tanggapan masyarakat. Paling tidak, KPU telah dua kali mengubah pemeringkatan 10 besar PPK lewat pleno sebelum pelantikan 29 Februari.

Kelima anggota PPK  yang baru dilantik dan bertugas di tiap-tiap kecamatan itu, sudah dihadapkan dengan tugas pertama yang cukup berat, yaitu verifikasi faktual berkas calon peserta  pilkada serentak jalur independen.  “Verifikasi faktual menunggu terbentuknya PPS ,”  kata ia. (Adv)

loading...