DPR RI

Pemerintah Dinilai Santai Saat Covid-19 Belum Mewabah

12
0

Jakarta, PB – Pemerintah Indonesia dinilai masih santai ketika virus Corona (Covid-19) belum masuk ke Tanah Air, seperti yakin negeri ini tak akan terjangkit Covid 19. Akhirnya, ketika virus ini meluas ke seluruh penjuru negeri, Pemerintah kalang kabut menghadapinya.

loading...

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih memberi penilaian demikian saat dimintai komentarnya lewat Whatsapp, Jumat (27/3/2020). Ketika virus Corona masuk kali petama di Depok, Jawa Barat, virus langsung menjadi wabah yang meluas ke seluruh negeri.

“Memang sejak awal Pemerintah santai, bahkan mengumumkan tidak ada yang terpapar, meski WHO dan negara lain tidak percaya,” kilah politisi PKS tersebut. Ketika diumumkan ada dua warga Depok positif terpapar virus Covid-19, angka penderita virus ini langsung melejit. Data per 26 Maret saja sudah 893 kasus dengan 78 meninggal dan 35 sembuh.

“Sejak itu Pemerintah serius menangani penyebaran Covid-19 ini. Hanya memang masyarakat masih belum begitu mengikuti imbauan dan langkah Pemerintah. Ini masalah kepercayaan terhadap Pemerintah yang berkurang dalam kasus ini. Social distancing pun tak begitu dihiraukan masyarakat. Sangat tidak efektif, sehingga perlu melibatkan key person yang dipatuhi dan ditaati masyarakat,” tutur legislator dapil Jateng IX itu. (red)

loading...