Musi Rawas

Lima Besar Calon PPK Tunggu Hasil Ujipublik

14
0

MUSI RAWAS,PB – Lima besar PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan)  terpilih sedang menjalani ujipublik tahap kedua. Susunan peringkat 10 besar masih akan berubah seiring masukan dan tanggapan masyarakat yang akan diterima KPU (Komisi Pemilihan Umum) Musirawas sampai menjelang pelantikan 29 Februari mendatang.

loading...

Ketua KPU Musirawas, Syarifudin SE. MM., Senin (17/2) lalu mengatakan, tanggapan masyarakat sangat penting agar anggota PPK terpilih nanti benar-benar bersih dan mempunyai integritas dan kapabilitas yang memadai.

Menurut Syarif, susunan lima besar yang ditetapkan oleh KPU pada 15 Februari lalu belum final. Calon komisioner PPK tersebut masih menjalani ujipublik, yakni menunggu tanggapan dari masyarakat mengenai latar belakang dan sepak terjangnya selama ini, sesuai ketentuan PKPU No 19 Tahun 2019.

Bahwa calon PPK tidak boleh terlibat partai politik, tidak pernah dipidana dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun. Juga mengenai keaslian dan kelengkapan berkas-berkasnya. Semua itu membutuhkan tanggapan masyarakat.

“Siapapun dan dari manapun asal masih warga Musirawas dan mempunyai hak pilih berhak mengajukan keberatan sebagai tanggapan masyarakat,” ujar dia.

Sampai 21 Februari ini, tanggapan publik masih berlangsung, susunan perubahan peringkat 10 besar PPK akan diubah sebanyak tiga kali sampai menjelang pengumuman final 29 Februari mendatang. “Perubahan tersebut tentu melalui rapat pleno,” katanya.

Saat perekrutan PPK belum final, KPU sudah disibukan dengan tahapan pengumuman dan pengambilan berkas bagi calon PPS (Panitia Pemungutan Suara) atau  panitia pemilihan tingkat kelurahan.

“Sekarang perekrutan PPK, PPS dan bahkan KPPS, semua balek ke KPU,” kata Syarif, yang membawahi Divisi Media, Pendidikan Pemilih, dan Sumber Daya Manusia (SDM). (bam)

loading...