Musi Rawas

Waspadai Calon Petahana

21
0

Musi Rawas,PB- Ketua Bawaslu RI, Koordinator Bidang Penanganan Pelanggaran Dr Ratna Dewi Petalolo SH. MH., mengatakan dari 270 Pilkada Serentak tahun ini, sekitar 230 Pilkada berpotensi diikuti oleh calon petahana, yakni calon peserta pemilihan kepala daerah yang sedang menjabat.
“Inilah perlunya deteksi dini pengawasan.  Perlu perhatian lebih oleh Panwascam sebagai ujung tombak pengawasan,” kata Dewi dalam sambutan Launching Kesiapan Panwascam  Dalam Penanganan Pelanggaran Pilkada Serentak 2020, di Gedung Dekranasda Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan Rabu (19/2) lalu.

loading...

Menurut dia, deteksi dini dan perhatian lebih oleh Panwascam dan jajaran Bawaslu Kabupaten itu mencakup tiga hal pokok,  yakni pertama netralitas ASN (Aparatur Sipil Negara), kedua larangan pejabat negara (daerah) menggunakan fasilitas negara,  dan politik uang dan mahar politik.

Netralitas ASN, kata Dewi, merupakan pelanggaran yang paling sering terjadi. Pada Pemilu 2019 laporan netralitas ASN yang masuk ke lembaganya mencapai 900 lebih. “Di daerah saya Sulawesi Selatan,  15 camat yang terbukti tidak netral telah diturunkan jabatannya,” katanya.

Mengenai hal itu, Bawaslu telah mensosialisasikan ps 71, UU 10/2016, tentang larangan pejabat bupati atau walikota atau gubernur mengganti pejabat dibawahnya sejak menyatakan mencalonkan diri, tanpa persetujuan menteri dalam negeri.

Kedua, pelanggaran larangan menggunakan fasilitas negara selama kampanye. Hal itu, katanya, termasuk larangan membuat program kerja dan kebijakan tertentu yang menguntungkan pihak tertentu sehingga menguntungkan calon petahana.

Mengenai politik uang dan mahar ,  juga perlu deteksi dini.  Dalam UU Pemilu 2019 bila terbukti menggunakan politik uang akan dipidana baik pemberi maupun penerimanya. “Apalagi bila terbukti secara TSM (terstruktur, sistematik,  dan masif) tentu akan menggagalkan pencalonannya.  Bisa didiskualifikasi,” tegas dia.

Dalam launching kesiapan Panwascam tersebut,  Dewi Petalolo,  juga membuka pameran pojok pengawasan dari 14 Panwascam yang ada di seluruh Kabupaten Musirawas. (Bam)

loading...