sumbar

Bupati Hendrajoni Resmikan Kantor Camat Pancung Soal Dan Pusat Kesehatan Hewan Airpura

11
0

Pessel,peristiwabangsa.com – Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni resmikan Kantor Camat Pancung Soal dan Puskeswan Airpura, Minggu (2/2). Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Anggota DPR-RI Komisi VIII, Lisda Hendrajoni, Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Erizon, seluruh Ketua OPD, Forkopinda, Forkopinca, para Niniak Mamak, Bundo Kanduang, dan Pemuka adat Kecamatan Pancung soal dan Airpura.

loading...

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pesisir Selatan, Era Sukma menyampaikan pembangunan kantor Camat Pancung Soal merupakan salah satu visi dan Misi Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni, yaitu menjadikan masyarakat Pesisir Selatan yang mandiri, agamais, unggul, dan sejahtera.
Adapun anggaran untuk proyek tersebut sebesar Rp. 1.615.000.000, dengan kontraktor CV. Volta Mitra Gunawa, dan pembangunan dilaksanakan sejak Agustus 2019. Untuk konsep arsitektur yaitu menggunakan konsep rumah gadang pasisie, yaitu Istano Inderapura. Hal tersebut menunjukkan bahwa Pemerintah ingin agar budaya dan ciri khas dari Pesisir Selatan tidak hilang. Hal ini disampaikan oleh Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni agar budaya jangan sampai hilang, meskipun jaman terus berubah.

“ Banyak sejarah-sejarah yang harus kita munculkan kembali, salah satunya sejarah tentang kerajaan Inderapura. Meskipun jaman terus berubah, budaya tidak boleh hilang. Ini harus terus kita wariskan kepada anak-cucu kita kelak.” Ucap bupati.

Salah satu bentuk mempertahankan budaya terlihat dari bentuk atap kantor camat yang tidak memakai konsep atap bagonjong, seperti atap pada umumnya, melainkan bentuknya seperti atap istano inderapura pada jaman dahulu.

“ Jadi Pesisir Selatan harus memiliki ciri khas. Bukan hanya kantor camat Pancung Soal, atap di kantor perwakilan tapan juga memiliki bentuk atap seperti istano Inderapura. Saya berharap, pemerintah kembali memunculkan kerajaan Inderapura, dan kita bersama-sama memperjuangkan agar hal tersebut terealisasi. Jadi, Sumatra Barat tidak hanya terkenal dengan Istana Pagaruyuang yang ada di Tanah Datar. Kerajaan Inderapura, akan terkenal di Sumatra Barat.” Kata Hnedrajoni.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda resminya kantor camat yang baru, dan penandatanganan prasasti Kantor Camat Pancung Soal dan Kantor Pusat Kesehatan Hewan Airpura. Setelah itu, Bupati berserta rombongan mengunjungi Pusat Kesehatan Hewan Airpura, dan melihat secara langsung Inseminasi pada Sapi.(rls)

loading...