Lubuklinggau

Pemkot Dinilai Profesional Tangani Banjir dan Longsor

7
0

DEPOK,PB – Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar)  Uu Ruzhanul Ulu meminta masyarakat untuk percaya kepada pemerintah yang terus berupaya menyelesaikan permasahan bencana banjir dan longsor yang melanda sejumlah wilayah. Termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir dan longsor.

loading...

“Kunjungan kami Pemerintah Provinsi Jabar adalah bentuk empati kami terhadap masyarakat yang menjadi korban bencana. Selain itu, juga untuk berkoordinasi dengan Pemkot Depok tekait langkah apa yang akan dilakukan ke depan,” ujarnya  usai meninjau lokasi longsor RT 08, RW 01, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere, Sabtu (04/01/2019).

Dikatakannya, bencana banjir dan longsor tidak hanya terjadi di Kota Depok tetapi juga di beberapa kabupaten/kota. Dengan penyebab yang hampir sama yaitu adanya warga yang bermukim di tebing atau dekat dengan sungai sehingga rentan terkena banjir dan longsor.

“Potensi-potensi bencana ini ke depan harus bisa ditanggulangi. Masyarakat juga jangan sampai tidak mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Bisa dilihat membangun di tempat yang tidak direkomendasikan dapat menyebabkan bencana,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan Pemkot Depok terkait penanganan pasca bencana, untuk mencegah terjadi kejadian serupa. Termasuk mengeluarkan anggaran Bantuan Tidak Terduga (BTT)seperti yang telah dilakukan oleh Pemkot Depok.

“Hari ini kami memberikan juga hibah bantuan sebesar Rp 1 miliar kepada Pemkot Depok agar dapat membantu dalam penanganan pasca bencana banjir dan longsor yang terjadi beberapa waktu lalu,” tandasnya

RW

loading...