Nasional

Perkuat Koordinasi Pusat dan Daerah, Dirjen IKP Kemkominfo Gelar Rakornas

16
0

Jakarta ,PB – Dalam rangka membuka ruang koordinasi   antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Urusan Informasi dan Komunikasi Publik 2019.

loading...

Rakornas ini dibuka langsung oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo, Widodo Muktiyo, di Hotel Millenium Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Dalam paparannya, Widodo mengatakan bahwa, di era 4.0 perkembangan teknologi harus dimanfaatkan sekaligus diwaspadai. Tolok ukur tidak hanya harus lebih baik dari sebelumnya, tapi juga harus lebih baik dari yang lainnya.

“Dinas Kominfo harus berani melakukan terobosan, inovasi dan cara baru dalam menyikapi suatu permasalahan, lepaskan ego sektoral dan fokus pada impact dan outcome, bukan lagi hanya proses dan output,” jelas Widodo.

Menurut dia, tujuan pengelolaan informasi publik yaitu menangkap berbagai isu yang berkembang di ruang publik dan memberikan respon yang tepat.

Di samping itu, juga diharapkan adanya upaya dalam mengoptimalkan koordinasi, komunikasi agar semua komponen pemerintah memiliki informasi yang cukup dan valid sebelum menyampaikan informasi lengkap tentang kebijakan pemerintah di berbagai kanal informasi.

Lebih lanjut Dirjen IKP menekankan pentingnya koordinasi dan sinkronisasi program antara Kominfo pusat dan daerah agar dalam pelaksanaan program dan kegiatan, dampak positifnya langsung dirasakan masyarakat.

“Sasaran Rakornas ini adalah terwujudnya Program Kerja Urusan Informasi dan Komunikasi Publik yang efektif guna meningkatkan kualitas pelayanan informasi dan komunikasi publik bagi masyarakat,” ujar Widodo.

Di sela Rakornas juga dilaksanakan pelatihan Aplikasi ‘Bagimu Negeri’ yang merupakan platform berupa Mobile dan Web Apps untuk pendengar atau end-user dalam menikmati berbagai jenis layanan konten terutama audio (radio live streaming, podcast dan music).

Rakornas Urusan Informasi dan Komunikasi Publik  2019 peserta yang terdiri dari Dinas Kominfo seluruh provinsi di Indonesia, termasuk perwakilan dari Diskominfo Provinsi Sumatra Barat. (MMC Diskominfo)

loading...